LigaCapsa ~ Situs Resmi Poker & Domino99 Online

Sabtu, 18 Februari 2017

Apa kaitan narsis dan bunga dafodil? Ini jawabannya


LigaCapsa ~ Kalau ditanya hubungan antara bunga dafodil dan narsisme, mungkin kamu bakal mengernyitkan dahi. Tetapi jika yang disebut adalah bunga narcissus, mungkin kamu langsung paham.
Narcissus adalah genus bunga-bungaan yang menjadikan bunga daffodil, bakung, dan amarilis 'bersaudara'.

Kadang dafodil disebut juga dengan nama narcissus. Kenapa dinamakan demikian? Rupanya, bunga ini berkaitan erat dengan legenda sedih Narcissus dan Echo. Kisah Narcissus dan Echo tercantum dalam puisi kuno Metamorphoses karya Ovid. Alkisah, Narcissus adalah seorang pemburu dari Thespiae, Boeotia yang terkenal karena ketampanan parasnya. Suatu hari Narcissus berjalan-jalan di hutan. Tanpa sepengetahuannya, Echo sang oread (nymph gunung) mengawasi dari balik pepohonan. Echo dulunya adalah nymph yang cakap dan dikagumi karena suara indahnya. Namun dia dikutuk oleh Hera karena membuat ratu para dewa Olympus itu marah. Kini Echo tak bisa berkata-kata. Dia hanya mampu menirukan kata-kata terakhir yang diucapkan orang lain.

  • Echo dan Narcissus. John William Waterhouse
~ Echo jatuh cinta pada pandangan pertama setelah melihat Narcissus. Tetapi dia hanya berani mengikuti pemuda tampan itu tanpa berani menunjukkan diri. Narcissus yang menyadari kalau dirinya sedang diikuti pun berteriak, "Siapa di sana?". Secara otomatis, Echo mengulangi kata-katanya. Lama-kelamaan Echo menunjukkan diri. Dia ingin menyentuh Narcissus, tetapi pemuda tampan yang pongah ini menghardiknya dengan kasar. "Singkirkan tanganmu! Lebih baik aku mati sebelum kamu sempat menikmati tubuhku."

Mendengar kalimat ini, Echo patah hati. Dia meninggalkan Narcissus seorang diri dan menghabiskan hari-harinya dengan menggemakan suara manusia. Perlahan-lahan kecantikannya memudar, kulitnya berangsur keriput, dan tulang-tulangnya berubah menjadi batu. Akhirnya yang tertinggal dari Echo hanya suaranya yang masih menggema di hutan dan pegunungan hingga hari ini. Sementara itu, Nemesis sang dewi pembalasan murka mengetahui perbuatan Narcissus kepada Echo. Dia pun membuat sebuah rencana untuk menghukum pemuda itu. Suatu hari, Nemesis memancing Narcissus ke dekat sebuah kolam jernih. Melalui pantulan di permukaan air, Narcissus melihat bayangannya dan kontan jatuh hati.

  • Ilustrasi bunga daffodil. Paper4pc.com
~ Narcissus begitu tergila-gila, tak sadar kalau yang pria tampan yang balik menatapnya dari air adalah dirinya sendiri. Narcissus mencoba menggapai seraut wajah tampan itu. Tetapi sosoknya selalu buyar. Berkali-kali Narcissus mencoba meraih objek cintanya, tetapi selalu gagal. Akhirnya, Narcissus yang putus asa pun mengakhiri hidup. Jasadnya berubah menjadi bunga Narcissus yang tumbuh di pinggir kolam.

Dalam psikologi, istilah narsisisme digunakan untuk menggambarkan rasa cinta yang berlebihan terhadap diri sendiri. Beberapa teori mengatakan bahwa mitos Narcissus dan bunga dafodil tak berhubungan sama sekali. Tetapi banyak yang memilih untuk percaya bahwa keduanya berkaitan.

0 komentar:

Posting Komentar