LigaCapsa ~ Situs Resmi Poker & Domino99 Online

Minggu, 26 Februari 2017

Pernah Hilang, Ini 7 Fakta Unik Oscar Yang Jarang Diketahui


LigaCapsa ~ Perhelatan Academy Awards atau lebih sering dikenal sebagai Oscar dilangsungkan hari ini (27/02) waktu setempat di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat. Penghargaan Academy Awards bisa dibilang merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan bagi insan perfilman Hollywood.

Acara penghargaan ini merupakan event tahunan yang diadakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Science (AMPAS) untuk mengapresiasi pencapaian luar biasa dari insan kreatif industri Hollywood. Pemenang dalam ajang penghargaan ini diputuskan berdasarkan voting para juri yang sudah ahli dalam bidang perfilman, tak heran apabila nominasi Academy Awards atau Oscar didominasi dengan film yang tak biasa. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa piala Oscar hanya diberikan pada film, sutradara, penulis skenario, serta aktor/aktris terbaik. Namun sama seperti penghargaan lainnya, Oscar juga memiliki sejarah dan fakta yang cukup unik serta jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja?Simak sama-sama yuk.

1. The Dark Knight Rule



~ Mengapa disebut demikian? Karena pada tahun 2008, THE DARK KNIGHT yang disutradarai oleh Christopher Nolan adalah film Superhero terbaik yang pernah dibuat. Sebab pada saat itu THE DARK KNIGHT mendapatkan respon positif dari kritikus film dan meraup keuntungan besar. Sayangnya meski Heath Ledger memenangkan kategori pendukung terbaik pada Oscar 2009, film ini tak berhasil masuk nominasi Best Picture yang saat itu  hanya diisi oleh 5 nominasi. Tidak masuknya THE DARK KNIGHT dalam nominasi ini disayangkan oleh beberapa pemerhati film. Setelah kejadian ini, Academy Awards memutuskan untuk menambah nominasi pada Oscar tahun berikutnya.

2. Hanya Ada Satu Pemenang Dadakan



~ Siapapun yang tidak tertulis di nominasi tidak akan pernah dapat membawa pulang piala Oscar, yah setidaknya begitulah peraturan tidak tertulis dari penghargaan yang pertama kali diadakan pada tahun 1929 ini. Namun pada tahun 1936 peraturan ini dilanggar karena dedikasi seorang Hal Mohr dalam sinematografi film hitam putih A MIDSUMMER'S NIGHT DREAM. Dalam film tersebut, Mohr bekerja keras menghias detil pohon-pohon yang digunakan dalam film. Tak heran dong kalau ketelatenan Mohr dihargai oleh para juri Academy Awards.

3. Asal Sebutan 'Oscar'



~ Dalam biografi Bette Davis, Presiden AMPAS, diceritakan bahwa piala Academy Awards disebut Oscar karena diambil dari nama suaminya, Harmon Oscar Nelson. Namun sebagian lainnya menyebutkan bahwa Sekretaris Eksekutif AMPAS, Margaret Herrick, mengatakan bahwa patung Oscar mirip dengan kakaknya yang bernama Oscar. Sejak saat itu piala Academy Awards disebut dengan nama lain Oscar. Ternyata ada banyak versi ya?

4. Pemenang Tertua dan Termuda



~ Sama seperti penghargaan lain yang tidak dibatasi oleh usia, ajang Oscar juga memiliki pemenang termuda dan tertua. Pada tahun 1974, Tatum O'Neal yang saat itu berusia 10 tahun meraih penghargaan tertinggi Hollywood ini atas perannya dalam film PAPER MOON dan menjadikannya pemenang termuda. Sementara pemenang tertua diraih oleh Christopher Plummer yang memenangkan piala Oscar pada usia 82 tahun berkat perannya dalam BEGINNERS di tahun 2010.

5. Oscar Pertama Kali Ditayangkan di TV



~ Upacara penganugerahan Oscar pertama kali dilakukan lewat siaran radio pada tahun 1930. Namun butuh waktu 23 tahun untuk menayangkan perhelatan Oscar di Televisi, sebab televisi sendiri baru ditemukan pada 1927. Meski demikian hingga saat ini upacara penganugerahan Oscar telah disiarkan langsung ke 200 negara di seluruh dunia.

6. Film Pemenang Oscar Terbanyak



~ Tahun ini LA LA LAND boleh bersenang hati karena mendominasi nominasi Oscar, yakni 14 nominasi. Pertanyaannya apakah LA LA LAND mampu melampaui pencapaian BEN-HUR, TITANIC, dan THE LORD OF THE RINGS dalam koleksi Piala Oscar. Ketiga film tersebut berhasil memborong 11 piala Oscar. Sementara itu THE TURNING POINT dan THE COLOR PURPLE adalah film yang masuk nominasi terbanyak tapi tak membawa pulang satu piala pun. Jadi bagaimana nasib LA LA LAND nantinya?

7. Piala Oscar Pernah Hilang



~ Pada perhelatan Academy Awards ke-72 pada tahun 2000, sebanyak 55 buah piala Oscar berbalut emas 24 karat tersebut hilang pada loading dock di California. Hilangnya piala ini terlalu mendadak dan hanya berselang 16 hari menuju hari-H. Beruntung sebanyak 52 piala Oscar akhirnya ditemukan di sebuah tempat sampah setelah pencurian tepat 5 hari sebelum Oscar diselenggarakan. Duh, hampir saja! (kpl/agt)

 Situs Resmi Poker & Domino99 Online
*  P.E.N.A.S.A.R.A.N *

0 komentar:

Posting Komentar