LigaCapsa ~ Situs Resmi Poker & Domino99 Online

Rabu, 01 Februari 2017

5 Hal menyeramkan ini terjadi saat kamu duduk sepanjang hari


LigaCs.com ~ Menurut penelitian yang dilansir dari cosmopolitan.co.uk, orang dewasa rata-rata menghabiskan waktu untuk duduk sebanyak 7-10 jam dalam sehari.

"Duduk memang menjadi aktivitas yang normal. Namun akan jadi bahaya kesehatan saat kamu melakukan passively sitting sepanjang hari," ujar Mark Schneider, seorang personal trainer di Movement Minneapolis.

Well, apa saja dampak buruk dari seringnya duduk sepanjang hari? Berikut adalah penjelasannya : 
  1. Naiknya kolesterol
    Tahukah kamu bahwa ketika kamu duduk, maka enzim lipoprotein lipase (enzim yang membantu dalam memecah lemak) langsung berhenti bekerja? Enzim yang bertugas untuk mengubah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik ini pun juga langsung menyusut sehingga risiko untuk terkena kolesterol akan bertambah sebanyak 95%.
  2. Inflamasi otot tubuh
    Duduk tak selamanya menghilangkan rasa lelahmu. Duduk terlalu lama dengan posisi yang monoton akan meningkatkan tekanan di tubuh dan otot-otot yang menyebabkan terjadinya inflamasi. Sehingga tak heran kamu sering merasa pegal tanpa alasan.

    "Terlalu lama duduk juga bisa merusak postur tubuh, peningkatan sakit punggung dan leher, hingga sulitnya bernapas."
  3. Risiko obesitas meningkat
    Karena kerja enzim pemecah lemak berhenti saat kamu duduk, risiko untuk mengalami obesitas juga bertambah.
  4. Risiko kanker, diabetes, serta penyakit kardiovaskular bertambah
    Selain obesitas, duduk sepanjang hari akan membuat risiko kanker, diabetes, serta penyakit kardiovaskular lainnya meningkat.
  5. Kematian dini
    Menurut penelitian dari American Journal of Preventive Medicine, hampir 4% dari kasus kematian dini disebabkan karena kebiasaan duduk sepanjang hari. "Karena semua risiko penyakit berbahaya bertambah saat kamu keseringan duduk, maka risiko kematian dini pun akan mengikutinya," ungkap penelitian tersebut.

    Sepintas terlihat tak ada yang membahayakan dari kebiasaan duduk yang dilakukan sepanjang hari. Namun nyatanya duduk bisa menjadi silent killer. Well, agar kamu terhindar dari efek buruk di atas, lakukan selingan gerakan olah tubuh setiap beberapa jam sekali seperti jalan kaki.

0 komentar:

Posting Komentar