LigaCapsa ~ Situs Resmi Poker & Domino99 Online

Rabu, 25 Januari 2017

Misteri kedipan mumi Sleeping Beauty di Catacombe dei Cappuccini




LigaCs.comRosalia Lombardo adalah salah satu mumi yang paling dikenal dalam sejarah, walaupun dia bukan putri Firaun atau mumi tertua yang pernah ditemukan oleh para arkeolog. Jenazah utuh gadis cilik ini diberi julukan sleeping beauty karena masih utuh, membuat Rosalia tampak seperti sedang terlelap.

Meskipun dikagumi karena penampilannya yang manis, salah satu mumi dengan kondisi terbaik yang pernah ditemukan ini juga diliputi misteri. Lebih tepatnya, misteri mata Rosalia yang masih berkedip meskipun dia sudah meninggal selama hampir satu abad.
Dilansir Amusing Planet (10/1), Rosalia baru berumur dua tahun ketika dia meninggal akibat serang pneumonia pada tahun 1920. Kematiannya yang amat mendadak membuat sang ayah merana. Tak rela berpisah dengan putri kesayangannya, sang ayah lantas menyewa jasa Alfredo Salafia, seorang ahli pengawetan jenazah. Salafia menyuntikkan campuran formalin, garam seng, alkohol, asam salisilat, dan gliserin ke dalam tubuh Rosalia. Dengan cara ini, mayat Rosalia masih tetap utuh hingga ke organ dalamnya hingga puluhan tahun kemudian.
Mumi Rosalia Lombardo. Amusing Planet
Sampai saat ini, jenazah Rosalia masih berbaring dengan tenang di dalam peti kaca yang ada di Catacombe dei Cappuccini, Palermo, Italia. Pipinya masih terlihat padat. Helaian rambut pirangnya masih terikat pita sutera warna pink. Bola matanya yang berwarna biru pun masih berkilau indah. Anehnya, Rosalia kedapatan berkedip dari waktu ke waktu. Bola mata sleeping beauty bergerak membuka dan menutup dalam gerakan yang amat perlahan. Satu demi satu inci.
Hal ini sempat menimbulkan kehebohan di antara para pengunjung katakombe. Berbagai spekulasi beredar, termasuk teori bahwa arwah Rosalia masih enggan meninggalkan jasadnya. Ada juga yang meyakini fenomena kedipan Rosalia disebabkan karena perubahan suhu di ruang bawah tanah katakombe. Peningkatan dan penurunan suhu mengakibatkan pengerutan yang berdampak pada kelopak mata Rosalia.
Mumi Rosalia Lombardo. Amusing Planet
Tetapi kurator di katakombe, Dario Piombino-Mascali, memiliki teori yang berbeda. Piombino-Mascali percaya bahwa mata berkedip Rosalia adalah bagian dari ilusi optik yang disebabkan oleh sudut jatuhnya cahaya matahari ke wajah Rosalia. Apalagi menurut Piombino-Mascali kelopak mata Rosalia memang tak pernah benar-benar menutup.
Sampai saat ini belum diketahui alasan pasti dari kedipan misterius Rosalia. Yang pasti, si putri tidur masih menjadi salah satu atraksi di kuburan kuno yang berisi lebih dari 8.000 mumi itu.

0 komentar:

Posting Komentar