LigaCapsa ~ Situs Resmi Poker & Domino99 Online

Kamis, 27 April 2017

Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu! Ada 4 Cara Membersihkan Ikan Biar Rasanya Tak Pahit dan Bau Amis, Intip Caranya Disini …


Seputar LigaCapsa ~ Membersihkan ikan merupakan ritual wajib sebelum mengolah ikan menjadi aneka hidangan lezat. Namun tidak semua orang bisa melakukannya dengan benar. Akibatnya membuat olahan ikan menjadi kurang sempurna. Seperti amis, pahit, dan kurang nikmat. Hal itu tentunya akan merugikan, karena ikan yang bernilai gizi tinggi menjadi tidak disukai keluarga. Hanya karena proses membersihkan yang tidak benar. 

Padahal ikan yang dibersihkan dengan baik akan memiliki citarasa yang gurih dan nikmat.
Selain itu, dengan mengkonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan dan juga untuk tumbuh kembang anak. Nah, agar tidak salah dalam membersihkan ikan hingga berdampak yang kurang baik, maka terdapat tips dalam membersihkannya. Karena perlu diketahui bahwa ikan segar yang baru dibeli memang harus dibersihkan mulai dari sirip, ekor, insang dan isi perutnya.

Cara membersihkan ikan dengan cepat dan tepat:

1. Pakai Talenan
~ Saat membersihkan ikan. Gunakan talenan kayu yang dapat menahan ikan agar tidak mudah berubah posisi ketika dibersihkan.

2. Sesuaikan Ukuran Pisau
~ Bersihkan dahulu sisik ikan dengan menggunakan pisau berukuran sedang dan besar. Cara membersihkan ikan yang benar adalah dengan pegang pisau di tangan kanan. Sementara tangan kiri memegang bagian perut ikan. Letakkan pisau di bagian bawah kepala ikan. Kemudian arahkan mata pisau agak miring. Lalu tekan perlahan ke bagian perut sampai ekor.

3. Rendam dengan Air Jeruk Nipis
~ Untuk sisik ikan yang keras sebelum dibersihkan. Rendam ikan selama lima menit dalam air panas yang telah dibubuhi 2 sendok makan air jeruk nipis. Cara ini mampu melunakkan sisik ikan.

4. Jangan Lupa Bersihkan Bagian Ini
~ Cara membersihkan ikan yang benar pun termasuk membuang insang dan isi perutnya. Hal ini dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara pertama, buka salah satu sisi dari penutup insang, kemudian tarik insang keluar bersama isi perutnya. Cara ini dapat dilakukan untuk ikan berbadan kecil, seperti ikan kembung. Sementara cara kedua, buat sayatan dari bagian bawah kepala ikan hingga ke bagian perut. Gunakan pisau kecil atau pisau berukuran sedang tergantung dari besar kecilnya ikan. Kemudian keluarkan isi perut dengan menggunakan tangan. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar kantung empedu ikan tidak pecah. Jika sampai pecah, daging ikan akan terasa pahit. Nah setelah itu kamu bisa mengolah ikan menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Selamat memasak....

LigaCapsa

Mari uji HOKI anda di ligacs.com

❤️  ❤️

0 komentar:

Posting Komentar